About Us

Kuliner Makanan di Indonesia, Saat Anda bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya, salah satu daya tarik utama adalah restoran. Bahkan jika Anda memulai dengan sesuatu yang akrab seperti rantai makanan cepat saji, restoran asing selalu memiliki sesuatu yang sangat berbeda tentang mereka.

Itu menjadikan mereka tempat yang sangat baik untuk melatih keterampilan bahasa Anda.

Selain memuaskan hasrat Anda, memesan makanan dalam bahasa asing adalah rintangan sempurna yang harus Anda selesaikan dalam perjalanan Anda menuju kemahiran. Ini adalah penggunaan bahasa yang otentik, tetapi dalam lingkungan yang kecil dan terkendali di mana Anda dapat dimaafkan jika melakukan kesalahan.

Kuliner Makanan di Indonesia

Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang banyak makanan lezat Indonesia yang ditawarkan, serta beberapa frasa restoran praktis untuk membantu Anda bertahan.

1. Seperti Apa Makanan Indonesia?

Kecuali jika Anda mencarinya, Anda mungkin belum pernah melihat restoran Indonesia. Meskipun ada puluhan ribu orang Indonesia yang tinggal di luar Indonesia, mereka cenderung tidak membuka restoran. Apa pun alasannya, itu hanya membuat pengalaman menjadi lebih baik ketika Anda benar-benar mendapatkannya.

Makanan Indonesia tentu saja cukup beragam, karena budaya setiap provinsi dapat berbeda secara signifikan di seluruh nusantara. Dalam artikel ini, kami akan fokus sebagian besar pada makanan yang ditemukan di kota-kota terpadat di Jawa, pulau yang paling padat penduduknya.

Secara umum, orang Indonesia menyukai makanan pedas dengan nasi dan sayuran, seringkali tanpa saus tambahan dan sering digoreng.

Di kota-kota terbesar, Anda dapat menemukan berbagai macam restoran yang melayani berbagai ukuran anggaran. Tempat-tempat terkecil disebut warung, dan mereka cenderung menjadi restoran cepat saji dengan menu serupa dan sedikit makanan khas rumah (jika ada).

Bergerak satu langkah ke atas, Anda akan menemukan rumah makan yang lebih besar, atau restoran yang menyajikan makanan khas mereka sendiri yang dibuat dengan sedikit lebih banyak kreativitas daripada yang ditawarkan warung. Itu tidak sebanding dengan kelezatan makanan dari warung, ingat!

Akhirnya, restoran terbaik ada di pusat kota atau di mal. Ini sering menjadi bagian dari rantai, dan beberapa menawarkan makanan dari seluruh Asia. Sangat mudah untuk menemukan makanan Jepang, Korea, Cina, dan Thailand yang lezat semuanya di food court yang sama.

Tapi bayangkan Anda berada di rumah makan yang sangat direkomendasikan. Apa yang bisa Anda harapkan dari masakan asli Indonesia? Apa yang ada di menu?

2. Hidangan yang Wajib Dicoba di Restoran Indonesia

Jika chef Anda berasal dari Jawa Tengah, mereka mungkin akan memasukkan gudeg ke dalam menunya. Ini adalah hidangan klasik kota Yogyakarta, dan dibuat dengan nangka dan santan yang direbus perlahan untuk membuat sup yang kaya dan lembut. Memasak memang membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi mereka mengatakan itu adalah bagian dari pandangan hidup orang Jawa.

Hidangan lain yang dimasak lambat adalah rendang, kari kering. Pertama, Anda mengambil beberapa daging sapi yang empuk dan merebusnya dalam kari santan—lalu Anda terus merebusnya sampai kari mengering menjadi pasta. Kemudian digoreng, dan hasilnya adalah rendang yang empuk dan pedas sempurna.

Berikutnya adalah salad pedas dengan saus kacang yang dikenal sebagai gado-gado. Kacang sebenarnya tidak terlalu umum dalam masakan Indonesia (mereka lebih terkait dengan masakan Thailand), dan juga salad. Itu tidak menghentikan gado-gado menjadi makanan yang sangat mengenyangkan, sangat pedas, dan sangat bergizi!

Kebanyakan orang tahu tentang sesuatu yang disebut sate, yang cukup dikenal luas dalam masakan Asia Tenggara sebagai hidangan Malaysia. Bisa pedas atau manis, dan Anda bisa mendapatkannya dengan daging sapi (sate sapi) atau kambing (sate kambing). Perhatikan juga bahwa itu dieja sate dalam bahasa Indonesia.

set of indonesian traditional culinary. javanese food

Akhirnya, nasi goreng secara harfiah diterjemahkan menjadi “nasi goreng.” Hidangan nasi Indonesia ini berbeda dengan nasi goreng tradisional Tiongkok karena bumbu yang digunakan dan biasanya tidak banyak mengandung sayuran. Anda selalu bisa membedakan sepiring nasi goreng dari nasi goreng lainnya karena ditepuk menjadi semacam bola dan ditaburi bawang merah goreng.

3. Makanan Khas Indonesia

Makanan-makanan yang disebutkan di atas jelas merupakan makanan pokok orang Indonesia, tetapi mereka juga sering ditemukan di Singapura atau Malaysia. Ternyata, banyak juga makanan favorit di Indonesia yang hanya bisa didapatkan di dalam negeri.

Yang pertama adalah jus alpukat sederhana, yang secara harfiah berarti “jus alpukat.” Karena alpukat secara alami lembut, itu lebih seperti milkshake daripada jus. Rahasia jus alpukat yang luar biasa adalah menambahkan sedikit gula, sedikit krim, dan menyiram bagian dalam cangkir dengan sirup cokelat sebelum menambahkan alpukat yang telah dicampur.

Selanjutnya adalah martabak, makanan klasik larut malam yang bisa dinikmati sambil menyusuri jalanan dengan sepeda motor Anda. Siapa pun yang menghabiskan waktu di Timur Tengah mungkin akrab dengan panekuk yang dilipat seperti krep ini, tetapi di Indonesia ada sentuhan baru. Khas Indonesia, masakan tradisional yang gurih ini berubah menjadi manis. Anda bisa sering membedakan warung martabak dari warung jajanan lain dari kaleng susu kental yang ditumpuk sampai ke langit-langit!

Indomie adalah merek mie instan favorit yang, untungnya, dapat ditemukan di seluruh dunia. Bahkan di mana tidak ada restoran Indonesia yang bermil-mil jauhnya. Ini adalah makanan pokok di warung-warung kecil. Di mana mie direbus beberapa saat sebelum digoreng menjadi hidangan yang gurih dan renyah.

Terakhir dalam daftar adalah ayam geprek, ayam goreng twist yang populer di kalangan mahasiswa karena kenyamanannya. Ini adalah dada ayam dilapisi tepung roti yang dipukuli hingga menjadi bubur dengan paprika yang dicampur. Mudah dimakan sebagai makanan ringan dan mudah dibagikan dengan teman!